View Full Version: Tentang Fak.Kedokteran

KBI Poisons > Info Edukasi > Tentang Fak.Kedokteran


Title: Tentang Fak.Kedokteran
Description: Materi yang dipelajari adalah...


~R:oZ~ - November 16, 2008 11:20 AM (GMT)
Gw dapet sedikit info tentang apa aj yang dipelajari klo di Kedokteran...Mohon maaf klo nantinya ternyata agak berbeda

KEDOKTERAN
"There are two object of medical education: To heal the sick. and to advance the science"
Charles Horace Mayo, dokter Amerika

Dari mana asal kata kedokteran?
Kedokteran atau yang dalam bahasa Inggris disebut medicine berasal dari kata medicus yang berarti dokter. Dokter berasal dari bahasa latin docere yang berarti yang mengabarkan, yang memberitakan atau guru.


Pengertian kedokteran?
Ilmu kedokteran adalah ilmu di mana kita akan banyak mempelajari tentang cara-cara mendiagnosis (analisa yang menghasilkan kesimpulan tentang penyakit yang diderita pasien) dan mengobati penyakit serta cara-cara mencegahnya.

Mengapa kedokteran bisa juga dianggap sebagai suatu seni?
Karena kedokteran selalu berhubungan dengan kehidupan manusia yang beragam dan selalu berubah dan dalam penerpannya perlu dipadukan pertimbangan dari berbagai aspek, seperti aspek medis, psikis, sosial, dan budaya.

Apa sih manfaat utama ilmu kedokteran?
Pencapaian kualitas hidup yang lebih baik dari segi fisik maupun mental.

Apa sih peran teknologi terhadap kedokteran?
Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, maka perkembangan kedokteran meningkat sangat pesat, karena prioritasnya akan berubah menjadi usaha pencegahan bukan lagi pengobatan.

Apa sih tugas utama seorang dokter?
Mendidik manusia lain supaya sehat dan memberitahukan jenis penyakit (diagnosis) yang diderita seseorang.

Ilmu dasar apa yang dipelajari dalam kedokteran?
Anatomi, ilmu mempelajari struktur tubuh manusia yang bisa dilihat dengan mata telanjang sampai sedetail-detailnya.

Biokimia, ilmu yang mempelajari tingkat molekuler dalam tubuh. Disini kita mempelajari molekul-molekul atom dan atom saling berinteeraksi melalui reaksi kimia, sehingga tubuh kita dapat berfungsi dan bertahan.

Biologi sel dan molekuler, ilmu yang membawa kita lebih jauh melihat bagaimana unit terkecil kehidupan tubuh kita. Termasuk belajar tentang kekebalan tubuh.

Genetika, Disini kita akan mempelajari bagaimana pewarisan sifat orang tua kepada anaknya mulai dari level molekuler (DNA, RNA, protein, dan kromosom) hingga level manusia seluruhnya.

Fisiologi, Fisiologi mengungkapkan bagaimana sesungguhnya tubuh kita bekerja dan bagaimana mekanismenya, sehingga kita bisa melihat, bicara, berlari, punya perasaan takut, dan hal-hal lain yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Ilmu-ilmu perilaku, ilmu yang mencakup ilmu jiwa serta ilmu sosial lainnya bertujuan untuk mengembangkan diri seorang dokter supaya mampu menerapkan ilmunya secara holistik.

Etika atau tingkah laku atau cara bersikap seorang dokter, yaitu untuk menghindari pelanggaran yang telah menjadi kode etik seorang dokter, seiring dengan meningkatnya aplikasi ilmu kedokteran terutama menyangkut hal-hal seperti hidup dan mati, maka diperlukan suatu petunjuk atau arahan sikap bagi dokter agar dalam mempraktikan keahliannya dia tetap beretika.

Selain ilmu dasar tersebut, ilmu apa saja yang merupakan pendamping ilmu klinis (preklinis)?

Patologi, terdiri dari dua bagian yaitu patologi anatomi dan klinik. Patologi Anatomi mempelajari kelainan-kelainan organ tubuh baik dalam tahapan makro (perubahan gambaran organ dengan mata telanjang yang abnormal) maupun dalam tahapan mikro (tingkat kelainan yang terjadi di dalam sel) serta akibat-akibat yang dapat ditimbukannya. Sedangkan, patologi klinik mempelajari mengenai perubahan abnormal dari cairan tubuh. Termasuk di dalamnya adalah darah, air seni, liquor cerebrospinal (cairan otak), cairan getah bening, enzim, dan hormon tubuh sebagai akibat suatu kondisi abnormal tubuh.

Farmakologi, ilmu titik beratnya adalah perihal obat, yaitu bagaimana cara obat bekerja dan mempengaruhi tubuh kita, sehingga kita tahu apakah obat itu dapat mengobati atau malah menyakiti kita melalui efek samping maupun racunnya.

Farmasi Kedokeran. Dalam ilmu farmasi kedokteran lebih dititikberatkan pada pengetahuan seorang dokter mengenai penggunaan obat-obatan di dalam terapi. Adapun yang dipelajari didalamnya antara lain mengenai perihal peresepan perundang-undangan obatm bentuk sediaan obatm dsb!

Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai mikroorganisme (bakteri, virus, dan jamur), terutama yang menimbulkan penyakit pada tubuh manusia, bahkan pembahasannya sampai dengan tingkat molekuler (DNA/RNA)

Parasitologi, ilmu yang mempelajari mengenai organisme yang bersifat parasit bagi tubuh manusia dalam bentuk mikro maupun kompleks. Seperti cacing, lalat, kutu, dll.

Oftalmologi (ilmu penyakit mata), cabang ilmu kedokteran yang berkonsentrasi pada penyakit mata

Otorhinolaringologi (Ilmu penyakit THT), ilmu yang yang berkonsentrasi pada penyakit-penyakit yang ada di telinga, hidung, dan tenggorokan.

Dermatovenerologi (ilmu kulit dan kelamin), Ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang kelainan kulit dan kelamin, mulai dari pembagian penyakit2 kulit dan kelamin hingga menyangkut terapi dan rehabilitasi.

Neurologi (ilmu penyakit saraf), ilmu yang berkonsentrasi menangani penyakit organik dan jaringan otak dan berupaya menyembuhkannya.

Psikiatri (Ilmu kedokteran jiwa), prinsip yang dipegang dalam ilmu ini adalah keyakinan bahwa manusia merupakan makhluk yang tersiri dari jiwa dan raga. Yang diobati bukanlah rasa sakit saja melainkan faktor-faktor lain yang memicu sakit tersebut juga disembuhkan.

Pediatri (ilmu kesehatan anak), ilmu yang menyangkut status kesehatan bayi hingga anak usia pra-remaja (13-15 tahun).

Anestisiologi dan Ranimasi (ilmu mengenai pembiusan dan penyadaran kembali), ilmu yang sangat penting untuk tindakan operasi untuk mempertahankan tanda-tanda vital dalam keadaan normal selama operasi berlangsung. Ketidakstabilan tanda-tanda vital dapat mengindikasikan kegagalan tubuh dan dapat menuju kematian.

Interna (ilmu penyakit dalam ilmu yang sangat luas cakupannya, melibatkan jantung, hati, ginjal, paru-paru dsb.

Ilmu bedah, Ketrampilan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang dokter bedah adalah penggunaan scalpel (pisau bedah), di mana operasi tiap organ/ bagian tubuh tidak sama jenis sclpel maupun teknik pembedahan yang digunakan.

Obstetri dan ginekologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit pada alat reproduksi perempuan secara keseluruhan termasuk organ-organ tambahnnya termasuk juga tentang kandungan dan kebidanan (persalinan pada bayi).

Radiologi, adalah cabang ilmu kedokteran mengenai pencitraan (penggambaran) tubuh manusia untuk tujuan diagnosis maupun medis.

Ilmu kedokteran forensik, ilmu dalam bidang kedokteran yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dengan ilmu kedokteran sebagai intinya. Adapun disiplin ilmu didalamnya sebagai berikut :hukum, kedokteran gigi, balistik dsb. Biasanya digunakan dalam visum et repertum untuk polisi dalam menangani suatu kejahatan yang berhubungan dengan manusia.

Spesialisasi apa saja yang ada dalam kedokteran?

1. Spesialisasi anak
2. Spesialisasi kandungan dan kebidanan
3. Spesialisasi penyakit dalam
4. Spesialisasi mata
5. Spesialisasi telinga, hidung, dan tenggorokan (THT)
6. Spesialisasi syaraf

Gelar apa sih yang akan diperoleh setelah lulus dari kedokteran umum?
Gelar kesarjanaan dari kedokteran agak berbeda dengan jurusan lainnya. Karena, setelah menempuh pendidikan teori selama 4 tahun untuk memperoleh gelar dokter mereka harus menempuj Ko Asistensi/magang di rumah sakit selama 2 tahun terlebih dahulu.

Karier Dan Dunia Nyata!
Kalu bicara tentang karir dari ilmu keokteran, maka kamu pasti akan membayangkan adalah jadi dokter rumah sakit, dokter praktik, dsb. Hal itu tidak salah, tetapi sebenarnya profesi dokter itu ditentukan oleh bidang yang digelutinya atau dikuasainya.

Dokter/Kedokteran Masyarakat
Seorang dokter menangani wabah, penyuluhan kesehatan, program-program kesehatan nasional, pengumpulan data statistik tentang kesehatan masyarakat, manajemen rumah sakit, asuransi kesehatan, dsb Profesi ini membutuhkan ketelatenan karena merupakan ujung tombak dalam mengupayakan kesehatan masyarakat.

Dokter Umum
Dokter yang tugasnya memeriksa pasien dan memberi obat kepada pasien, seorang dokter umum dapat membuka praktik sendiri atau membuka praktik di rumah sakit.

Dokter Peneliti
Dokter peneliti bertugas mengadakan suatu eksperimen di laboratorium yang menemukan obat-obatan baru maupun teknologi yang membantu dalam mendiagnosa dan terapi medis.

Bidang lainnya
Masih banyak profesi yang bisa dilakukan oleh dokter, misalnya menjadi dosen, manajer rumah sakit, pegawai kesehatan (Depkes), dan lain-lain.

Yang Perlu Diketahui

PTT (Praktik Tidak Tetap)
Umumnya, bagi seorang yang telah mendapat gelar dokter berhak mengajukan diri untuk menjadi dokter PTT yang bisa ditempatkan di mana saja di Indonesia. Masa PTT berkisar 3 tahun. Setelah itu, dokter bebas membuka praktik umum atau menjadi dokter di klinik atau rumah sakit negeri maupun swasta. Seorang dokter bisa mengambil pendidikan lanjutan apakah itu s2 dan s3 maupun Program Pendidikan Spesialis I (PPDSI) dan PPDS2. Spesialisasi yang diambil tergantung minat dan kemampuan untuk mengambil PPDSI seorang dokter harus lulus tes PPDS. Apabila diterima, maka dokter tersebut akan menjadi residen. Residen adalah dokter yang menjalani pendidikan untuk menjadi dokter spesialis.

Ilmu Keperawatan
Dalam kedokteran umum terdapat juga jurusan ilmu keperawatan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat memiliki kualifikasi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap untuk melakukan tugas profesi keperawatan.

Ko Asistensi atau beberapa univ. yang menyebut dengan Dokter Muda
Ko-as adalah magang di rumah sakit untuk lebih mengenalkan dunia kedokteran kepada para calon dokter, Hal ini dimaksudkan agar nantinya pada waktu diterjunkan ke dalam dunia kedokteran sesungguhnya, mereka tidak kaget dan tidak canggung lagi. Jika hal ini terjadi maka akan sangat menyulitkan dokter itu sendiri dan juga orang lain (pasien) karena peran dokter di sini sangat vital, yaitu berhubungan langsung dengan nyawa manusia. Dalam Ko-as ini para calon dokter akan dibimbing oleh dokter pembimbing yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. Ko-As dilakukan setelah lulus S1 untuk memproleh gelar profesi Dokter. Dalam pelaksanaan Ko-as ini, setiap calon dokter diberi pasien untuk didiagnosa dan dipelajari penyakitnya. Tetapi, tanggung jawab sepenuhnya di tangan dokter, Ko-As ini akan dilakukan pada setiap bagian yang ada di rumah sakit, setiap bagian yang ada di rumah sakit, seperti bedah, syaraf, forensik, dll. Ko-As biasanya dilakukan selam kurang lebih 2 tahun.

Kemampuan Penunjang

Kedisiplinan
Mengapa sangat penting kedisiplinan? Karena kedisiplinan menjadi suatu syarat mutlak yang dimilik. Hal ini karena nantinya kamu akan banyak berhubungan dengan nyawa dan kehidupan manusia secara langsung. Sehingga, jika kamu melakukan suatu kesalahan kecil saja, maka itu akan sangat berpengauh terhadap orang. Biasakannlah berdisiplin baik itu berdisiplin diri, disiplin ilmu, disiplin etika dan perilak. Karena hal tersebut sangat menunjang kamu nantinya dalam mendalami ilmu kedokteran.

Sikap Empati
Sebagai dokter, kamu akan banyak berhadapan dengan pasien yang sangat perlu kamu perhatikan baik secara lahirlah maupun batiniah. Bahkan, jika perlu menjadi sahabat bagi mereka. Hal ini menjadi sangat penting karena nantinya kamu diharapkan tidak hanya dapat mengobati, tetapi juga memberikan terapi di luar hal medis.

Keterampilan Berkomunikasi
Komunikasi sangatlah penting karena nantinya seorang dikter akan mendiagnosa suatu penyakit yang ada dan 80% diagnosa awal suatu penyakit ditegakkan dari komunikasi baik dengan pasien.

Logika
Logika disini adalah kemampuan untuk dapat menggabungkan ilmu-ilmu yang kamu miliki. Karena sangat mustahil untuk dapat menghafalkan semua ilmu yang diperoleh. Dengan logika yang baik, diharapkan kamu dapat menganalisa data-data yang kamu peroleh untuk dijadikan suatu analisa yang akurat dan tepat.

Pengambilan keputusan
Sebagai dokter, kamu diharpkan dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat, walau dalam kondisi yang menegangkan dan darurat sekalipun. Karena nanti mungkin saja keputusan yang kamu ambil akan berhubungan dengan hidup mati seseorang.

Mampu bekerjasama
Kamu diharapkan mampu bekerja sama dengan orang lain karena nantinya kamu akan banyak berhubungan dengan bidang-bidang lain yang mendukung. Kerjasama ini termasuk dapat menerima dan menghargai pendapat orang lain.

Ini adalah mata kuliah yang akan kamu ambil

Semester 1:
*Biologi Dasar (Biologi Manusia, Biologi Molekul, Biologi Senyawa, Osteologi, dan Biologi Monekuler)
*Fisika Kedokteran/Fisika Medis 1&2: mempelajari fisika terapan dalam ilmu kedokteran... contoh menghitung debit darah di vena intercostalis saat kontriksi di daerah atrium...
*Kimia Kedokteran/Kimia Medis 1&2: tidak jauh dari pelajaran SMU, tapi pada akhir semester lebih ditekankan pada kandungan2 senyawa kimia pada vitamin2, obat, dsb.
*Pelajaran2 umum lainnya: Bahasa Inggris, Komputer, Agama, Pancasila (we talk about Faculty of Medicine in Indonesia )

Semester 2:
Anatomi-Histologi 1
Parasitologi 1
Biologi Medik
Faal 1
Biokimia 1
Ilmu Sosial Budaya Dasar
Kewiraan

Semester 3:
Anat-Hist 2
Anat-Hist 3
Biokimia 2
Filsafat
Faal 2

Semester 4:
Patologi Klinik 1
Faal 3
Mikrobiologi 1
Psikologi
Farmakologi 1
Ilmu Kesehatan Masy. 1
Patologi Anatomi 1
Ilmu Gizi

Semester 5:
Patologi Klinik 2
Mikrobiologi 2
Farmakologi 2
Farmakologi 3
Patologi Anatomi 2
Patologi Anatomi 3

Semester 6
Ilmu Kesehatan Anak 1
Obs & Gyn 1
Etika 1
Psikiatri 1
Ilmu Penyakit Dalam 1
Ilmu Bedah 1
Neurologi 1
Anestesi
Karya Tulis Ilmiah

Semester 7
Ilmu Kesehatan Anak 2
Obs & Gyn 2
Psikiatri 2
Ilmu Kesehatan Masy. 2
Etika 2
Ilmu Penyakit Dalam 2
Ilmu Bedah 2
Neurologi 2

Semester 8
Ilmu Penyakit Mata
I.P. Gigi dan Mulut
Ilmu Kedokteran Komunitas
Hukum Kedokteran
Ilmu Kedokteran Kehakiman
Ilmu Penyakit Dalam 3
Kulit Kelamin
I.P. THT
Ilmu Radiologi

fiuuuuuuh...... capek......
pokoknya yang perlu diperhatikan adalah: banyaknya mata kuliah bersyarat di FK... mata kuliah bersyarat adl. mata kuliah yang harus lulus sebelum ambil mata kuliah berikutnya... contoh: untuk bisa ambil Faal 2, kamu harus lulus Faal 1 dulu... untuk bisa ambil Patologi Klinik, kamu harus lulus Biologi Penyakit dulu... dsb... 80% mata kuliah di kedokteran umum selama 8 semester awal adalah mata kuliah bersyarat... ga aneh banyak yang lama kuliahnya alias ga lulus2...

Setelah lulus (menjadi Sarjana Kedokteran, S.Ked), kamu bisa ambil dua pilihan:
1. Jadi pelayan kesehatan. Kamu bisa kerja di Puskesmas, Posyandu, atau lembaga2 klinik kesehatan umum lainnya. Kamu bukan dokter, kamu hanya sarjana kedokteran.
2. Mengambil kuliah lanjutan (sebanyak 4 semester, dari sem 9 s.d. 12) yang berupa kuliah kerja di rumah sakit pendidikan atau dikenal dengan istilah CO-ASS (co-assistant) - Syarat: IPK di atas 2.5 (kalau di kampus gue)... ada 12 bagian pembelajaran di rumah sakit ini: mulai dari yang termudah di bagian anak2, sampai yang terakhir di bagian bedah... di RS ini kamu bekerja dalam satu tim yang dipilih dari awal semester 9... kamu harus kompak krn kesalahan satu orang adalah kesalahan semua... it means kalo ada satu orang aj salah bertindak (misalnya memasukkan jari ke vagina wanita hamil *ga boleh yak!! dangerous!!*), orang2 yg setim ama dia ikutan kena getah, yaitu biasanya disuruh belajar ulang selama 1 minggu - 3 bulan, tergantung tingkat kesalahan... ini yang bikin lama! Anyway kalo kamu dah lulus kamu berarti jadi DOKTER.. congrats! *such a long way*

*Oh ya... bila kamu lulus pendidikan dokter (sem 1 - 8), sarjana kedokteran kamu hanya berlaku DUA TAHUN untuk bisa mengambil kuliah lanjutan (sem 9-12/CO-ASS)... kalo udah lebih dari itu, kamu harus kuliah lagi pendidikan dokter 4 taun untuk ambil CO-ASS education
*Di Indonesia skr udah ga ada ujian negara untuk FK PTS. Kalau dulu kan ada ujian negara untuk FK Peguruan Tinggi Swasta makanya untuk lulus pendidikan dokter suka lama.
*Selama ini FK tidak ada tugas akhir/skripsi (keculi FKG). Namun, di kampus gue dah mulai ada percobaan taun ini. Jadi mungkin pas giliran taun kelulusan gue jg dah ada TA (tugas akhir).

----NOTE: buat yang bingung:
Semester 1 - 8 disebut Pendidikan Dokter

cow_bee - November 17, 2008 10:28 PM (GMT)
bioteknology ama perhotelan ga ada ros..?

~R:oZ~ - November 18, 2008 11:23 AM (GMT)
Sorry no...

Skrg blum ada dulu ni...Ntar klo gw ketemu infonya, pasti gw post kesini...

cow_bee - November 18, 2008 12:49 PM (GMT)
bioteknology bukanya ada hubnya ama ini ros..?

Cho-Mux - November 20, 2008 12:47 PM (GMT)
hmmmm.....

memang lama klo mau jadi dokter sukses dan kaya.

minta prakiraan gaji dong.

cow_bee - November 20, 2008 02:48 PM (GMT)
dokter umum muk...
dokter yang ada di perumahan2 gitu..
harganya lu jadi dermawan..
klo emang yg dateng orang yg bner2 susah kasi keringanan or gratis malah..
gw yakin duit lu bakalan kek kacang goreng karna nama lu bakalan gampang tersebar..

Mr.Astroboy - November 23, 2008 03:09 AM (GMT)
@atas
pengen jadi dokter, tapi syaratna bnyk dan kyknya ribed dan lama...
(kepikiran ama dokter yg langsung buka praktek)

@komuk
pengen cepet kaya ya muk..
wkwkwk... dasar otak bisnis ^^

bar_qie - March 22, 2009 02:30 PM (GMT)
@yudis
itulah tantangan jadi dokter dizzz...

@eros
psikologi kdang2 dpet filsafat ros...
jadi lebih terbiasa mkir "ngaco" alias harus masuk logika...pusing dehhh...

@komuk
jadi dokter gigi bnyak duit sur

Mr.Inari-san - March 23, 2009 08:56 AM (GMT)
kedokteran y...

tdinya minat sih, tpi g jdi ah. Soalnya bnyak yg msti dibaca...

koq g ad nanoteknologi??

kan asik klo kita bisa ngubah organ tubuh kita sesuai yg kita mau
(maklum, korban komik, hehehe...)

bar_qie - March 26, 2009 04:03 AM (GMT)
seenaknya ja lu ngomong...

nanotek????seru tuh...ga' usah jauh2...di UPH(Universitas PElita Harapan) juga ada tuh...




* Hosted for free by InvisionFree